skip to main |
skip to sidebar
Hari itu kami belajar math dengan suasana berbeda. Di tangan anak-anak sudah ada komik matematika. Seperti apakah komik matematika itu?
Komik matematika dibuat bukan hanya sekedar cerita math dengan gambar, tapi sebuah aktifitas pembelajaran matematika yang digabungkan dengan menggunting dan mengerjakan soal matematika.
Anak bergembira dengan kegiatan itu dan kita bisa menyelipkan suasana belajar dengan musik
Bercerita tentang Three blue yang akan pergi ke rumah Fourboy. Ia harus menempuh perjalanan yang rumit dan ternyata ia akan mendapatkan hadiah yang akan diberikan kepada Fourboy.
Hari ini Ashira dan pelangi berlatih pembagian lagi, kali ini mereka mendapatkan tehnik perkalian 9 dengan jari.
Perkalian 9 dengan jari bagaimana caranya?
Mula-mula bukalah ke sepuluh jarimu.
1. 1 x 9
Pada tangan kiri, tutuplah jari kelingking. Maka jari yang terbuka adalah 9 jadi hasil dari perkalian 1 x 9 = 9
2. 2 x 9
Pada tangan kiri, tutuplah jari manis, maka jari yang akan tersisa di sebelah kiri kelingking ada 1 (sebagai puluhan). Jari di sebelah kanan kelingking ada 8 sebagai satuan.
sehingga hasil perkalian 2 x 9 = 18
3. 3 x 9
Pada tangan kiri, tutuplah jari tengah. Sehingga jari yang tersisa di sebelah kiri adalah 2 dan di sebelah kanan adalah 7 sehingga hasilnya adalah 27
4. 4 x 9
Pada tangan kiri,tutuplah jari telunjuk, sehingga jari yang tersisa di sebelah kiri adalah 3 dan sebelah kanan adalah 6 sehingga hasilnya adalah 36.
dst.
Mengapa minus (-) dikalikan minus(-) menghasilkan positif ?
Ini adalah hukum matematika. Kita dari dulu menerima hukum itu mungkin tanpa pertanyaan lagi. Namun apakah pertanyaan di atas tak bisa diajukan?
Dimanakah dalam perhitungan matematika kita menemui diterapkannya hukum tersebut? Jawabnya adalah di dalam perkalian contoh di bawah ini :
(X – 2) (x-3)
Di adalam penyelesaikan perkalian di atas, kita akan mendapatkan hukum minus kali minus yaitu :
= x . x + x.(-2) + x.(-3) + (-2) (-3)
atau (-2) (-3)
1. Mari kita buat permisalan
2. X kita ganti dengan nilai 10
3. sehingga perkaliannya menjadi (10 – 2) (10-3)
4. 10-2 = 8 dan 10-3 = 7 sehingga perkalian (10 -2) (10-3) sama dengan 8 x 7 = 56
5. Jawaban nya kita setujui adalah 56
Sekarang kita buat pernyataan terbalik, jika dengan mengganti penyataan
minus (-) kali minus (-) menghasilkan minus menghasilkan jawaban yang benar pula(jawabnnya adalah 56) maka kita tak bisa menerima pernyataan minus (-) kali minus (-) menghasilkan positif.
Namun sebaliknya Jika kita tak mendapatkan minus (-) kali minus (-) sama dengan positif dan menghasilkan nilai yang sama dengan 56 maka kita menerima pernyataan minus (-) kali minus (-) menghasilkan positif.
Dalam soal
(10-2) (10-3) akan kita jabarkan
1. Jika Minus kali minus = minus
2. Maka hasilnya akan menjadi 10.10 + 10.(-2) + 10.(-3) + (-2).(-3)
3. 100 + (-20) + (-30) + (-6) = 100 -20-30 -6 = 44
4. Jawaban yang kita dapatkan adalah 44, padahal jawaban yang sudah kita sepakati adalah 56
Dan sebaliknya
1. Minus kali minus = positif
2. Maka hasilnya akan menjadi 10.10 + 10.(-2) + 10.(-3) + (-2).(-3)
3. 100 + (-20) + (-30) + 6 = 100 -20-30 +6 = 56
4. Sama dengan jawaban yang sudah kita sepakati yaitu 56
Sehingga kita harus menerima hukum (-) x ( -) = +
Karena jika tidak maka akan mengacaukan perhitungan.
Salam eden
salam kasih Tuhan memberkati
3 Okt 2009
Komik Matematika
Hari itu kami belajar math dengan suasana berbeda. Di tangan anak-anak sudah ada komik matematika. Seperti apakah komik matematika itu?
Komik matematika dibuat bukan hanya sekedar cerita math dengan gambar, tapi sebuah aktifitas pembelajaran matematika yang digabungkan dengan menggunting dan mengerjakan soal matematika.
Anak bergembira dengan kegiatan itu dan kita bisa menyelipkan suasana belajar dengan musik
Bercerita tentang Three blue yang akan pergi ke rumah Fourboy. Ia harus menempuh perjalanan yang rumit dan ternyata ia akan mendapatkan hadiah yang akan diberikan kepada Fourboy.
2 Okt 2009
Perkalian 9 dengan jari
Hari ini Ashira dan pelangi berlatih pembagian lagi, kali ini mereka mendapatkan tehnik perkalian 9 dengan jari.
Perkalian 9 dengan jari bagaimana caranya?
Mula-mula bukalah ke sepuluh jarimu.
1. 1 x 9
Pada tangan kiri, tutuplah jari kelingking. Maka jari yang terbuka adalah 9 jadi hasil dari perkalian 1 x 9 = 9
2. 2 x 9
Pada tangan kiri, tutuplah jari manis, maka jari yang akan tersisa di sebelah kiri kelingking ada 1 (sebagai puluhan). Jari di sebelah kanan kelingking ada 8 sebagai satuan.
sehingga hasil perkalian 2 x 9 = 18
3. 3 x 9
Pada tangan kiri, tutuplah jari tengah. Sehingga jari yang tersisa di sebelah kiri adalah 2 dan di sebelah kanan adalah 7 sehingga hasilnya adalah 27
4. 4 x 9
Pada tangan kiri,tutuplah jari telunjuk, sehingga jari yang tersisa di sebelah kiri adalah 3 dan sebelah kanan adalah 6 sehingga hasilnya adalah 36.
dst.
30 Sep 2009
Menagapa Perkalian Minus dengan Minus Menghasilkan Positif
Mengapa minus (-) dikalikan minus(-) menghasilkan positif ?
Ini adalah hukum matematika. Kita dari dulu menerima hukum itu mungkin tanpa pertanyaan lagi. Namun apakah pertanyaan di atas tak bisa diajukan?
Dimanakah dalam perhitungan matematika kita menemui diterapkannya hukum tersebut? Jawabnya adalah di dalam perkalian contoh di bawah ini :
(X – 2) (x-3)
Di adalam penyelesaikan perkalian di atas, kita akan mendapatkan hukum minus kali minus yaitu :
= x . x + x.(-2) + x.(-3) + (-2) (-3)
atau (-2) (-3)
1. Mari kita buat permisalan
2. X kita ganti dengan nilai 10
3. sehingga perkaliannya menjadi (10 – 2) (10-3)
4. 10-2 = 8 dan 10-3 = 7 sehingga perkalian (10 -2) (10-3) sama dengan 8 x 7 = 56
5. Jawaban nya kita setujui adalah 56
Sekarang kita buat pernyataan terbalik, jika dengan mengganti penyataan
minus (-) kali minus (-) menghasilkan minus menghasilkan jawaban yang benar pula(jawabnnya adalah 56) maka kita tak bisa menerima pernyataan minus (-) kali minus (-) menghasilkan positif.
Namun sebaliknya Jika kita tak mendapatkan minus (-) kali minus (-) sama dengan positif dan menghasilkan nilai yang sama dengan 56 maka kita menerima pernyataan minus (-) kali minus (-) menghasilkan positif.
Dalam soal
(10-2) (10-3) akan kita jabarkan
1. Jika Minus kali minus = minus
2. Maka hasilnya akan menjadi 10.10 + 10.(-2) + 10.(-3) + (-2).(-3)
3. 100 + (-20) + (-30) + (-6) = 100 -20-30 -6 = 44
4. Jawaban yang kita dapatkan adalah 44, padahal jawaban yang sudah kita sepakati adalah 56
Dan sebaliknya
1. Minus kali minus = positif
2. Maka hasilnya akan menjadi 10.10 + 10.(-2) + 10.(-3) + (-2).(-3)
3. 100 + (-20) + (-30) + 6 = 100 -20-30 +6 = 56
4. Sama dengan jawaban yang sudah kita sepakati yaitu 56
Sehingga kita harus menerima hukum (-) x ( -) = +
Karena jika tidak maka akan mengacaukan perhitungan.
Salam eden
salam kasih Tuhan memberkati
test
Diari Math
-
►
2010
(11)
- ► 21 Februari (3)
- ► 14 Februari (1)
- ► 31 Januari (1)
- ► 24 Januari (4)
-
▼
2009
(59)
- ► 29 November (4)
- ► 22 November (5)
- ► 15 November (4)
- ► 8 November (11)
- ► 1 November (1)
- ► 25 Oktober (1)
- ▼ 27 September (3)
- ► 30 Agustus (1)
- ► 23 Agustus (6)
- ► 16 Agustus (6)
Saatnya Math
Apapun tentang math yang membuatmu sedih, kesal serta marah ...... tak apa. Memang math begitu mau apalagi..?
Ingin menguasai aritmatika dengan cara berbeda, dan katanya lebih simple lho .... namanya Simple aritmatika.... Klik disini
You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "