5 Des 2009

Masih Perlu Dibimbing Guru



Jum'at kemarin kami latihan ulangan matematika. Seperti yang kemarin saya katakan, anak-anak antusias menerima soal, mereka bersuka cita, dan berusaha mengerjakan soal.

Namun ketika soal menginjak soal yang agak rumit, mereka mulai resah. Joke dan Abby mengalami kesulitan, dan aku tak banyak bisa menerangkan, kuharap sebenarnya mereka bisa tenang mengerjakan soal latihan ini, namun kami sedang puasa bicara, jadi tak terlalu banyak yang bisa kulakukan.

Ini memang latihan soal ulangan, sehingga mereka berharap masih dibimbing oleh guru ketika mengerjakan. Aku menerangkan, dan menjelaskan dengan bahasa isyarat, dengan notes, dengan kertas, dan sesekali bocor berkata-kata dengan suara rendah.

Duh banyak banget ya salah, aku mengeluh. Rasa-rasanya pikirku janganlah memaksa untuk menekan mereka dalam kondisi begini. Lebih baik bekerja semampu yang bisa dilakukan.

Kami sudah tak latihan ixlmath lagi. Dan memang hari ini sudah bersiap untuk latihan ulangan. Namun kali ini upaya ini juga kurang maksimal.

Karena aku tak sanggup berbuat banyak, daripada menekan hati, aku hentikan kelas, dan kusuruh mereka mengerjakan sendiri, dan kelas kububarkan.

0 komentar:

Posting Komentar