1 Des 2009

Menyebutkan Ciri Bangun Datar



"Susah Bu Sri ngerjainnya!" kata Joke hampir putus asa. Aku menghampirinya. Kulihat ia sedang menghadapi materi bangun datar. Dalam soal tersebut ia harus menjawab apakah persegi, persegi panjang, bujur sangkar, segitiga atau jajaran genjang bila ciri-cirinya disebutkan.

Pada pertemuan sebelumnya dia sudah belajar bangun datar, berikut ciri-cirinya. Namun kali ini ketika dibalik, seperti dalam soal :

Bangun yang mempunyai 4 sisi dan 4 sudut siku-siku adalah bangun .....

Dia kesulitan.

Baiklah, aku membuka kembali halaman sebelumnya. Kuperlihatkan kembali gambar-gambar bangun datar. Kutunjukkan mulai dari bangun persegi panjang. Kutunjukkan mana titik sudut, sisi, dan sudutnya. Juga mana-mana yang mempunyai sisi yang sama panjang.

Setelah itu, lalu aku menyuruh dia menyebutkan ciri-ciri dari bangun tadi dengan cara menuliskan pada selembar kertas.

Menulis cerita atau menuangkan ke dalam tulisan adalah sesuatu yang diminati oleh anak-anak. Anak-anak suka mengirim ucapan kepada para orang tua, suka pelajaran cerita dan imajinasi mereka memang tinggi. Anak-anak suka melakukan ini. Sehingga Joke kelihatan tak punya masalah ketika kusuruh menuliskan apa yang menjadi ciri persegi panjang.

Setelah benar dan paham dengan persegi panjang, kini giliran bujur sangkar, dengan cara yang sama kuterangkan mana sisi, mana sudut, mana titik sudut, dan mana sisi yang sama panjang. Kemudian ia menuliskan ciri-cirinya. yang terakhir adalah segitiga sama sisi, siku-siku dan sama kaki.

Demikianlah kelasku hari ini.

0 komentar:

Poskan Komentar