22 Agu 2009

Ulang Tahun RI, Hadiah apa yang paling Disukai?



Perayaan ulang tahun kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2009, yang jatuh Hari senin kemarin kami peringati dengan lomba-lomba. Meski hanya sekitar 17 anak-anak, namun kami cukup mampu memeriahkan acara hingga sorenya kami kelelahan.

Anak-anak Eden yang berangkat ada 13 anak, sesampai di lokasi (Cinangka) sudah ada 4 anak lagi yang akan bergabung, jadi bertujuh belas lah ceritanya, sesuai dengan ulang tahun tanggal 17.

Hari Selasanya kami berkumpul, dan aku telah menjanjikan, akan membahas tentang kegiatan mereka nantinya ketika bertemu dengan materi pengolahan data. Dan kulihat Mas Aar sudah mengawali dengan melakukan pendataan ketika mengisi kelas dengan kreatifitas, dengan melempar pertanyaan :

1. Permaian apa yang paling disukai?
2. Hadiah apa yang paling disukai

Dari data yang dikumpulkan oleh mas Aar, terima kasih :

Jenis permainan



Ada 6 jenis permainan yang kami bisa lakukan, walau kami sudah merencanakan 9 jenis permainan. Mungkin karena anak-anak sudah tak sabar untuk segera berenang. Maka kami tak memaksakan untuk menghadirkan semua lomba kepada anak-anak.

Permainan Apa yang Paling Disukai?



Ternyata kelereng, banyak disukai oleh anak-anak. Apakah karena hanya permainan ini yang bisa dilakukan secara individu. Permainan yang lain dilakukan secara group.

Hadiah apa yang Paling Disukai?



Jam tangan, menjadi hadiah favorit, dan pin adalah pilihan terakhir. Pin adalah hadiah yang selalu diberikan ketika anak mengikuti lomba. Bisa dibayangkan berapa jumlah pin yang didapatkan mereka, bila seorang anak mengikuti lebih dari satu permainan. Akhirnya semuanya mendapat hadiah, termasuk yang ngga menang sekalipun. Dirgahayu Republik Indonesia. We Love You

19 Agu 2009

Aritmatika untuk melatih konsentrasi



Angel dan Bidadari memerlukan konsentrasi penuh unuk berada dalam kelas yang cukup ramai. Sore ini (rabu 19 Agustus 09), kami berlatih aritmatika. Di tangan masing-masing anak telah ada booklet Simple. Arithmetric. Ada Rahman yang mengerjakan perkalian 1B, Baruna dengan perkalian 1A, Bidadari masih menyelesaikan pengurangan dengan kerabat Angka dan Angel mengerjakan penjumlahan dengan 1 kali simpan.

Baruna dan Rahman mampu dalam kelas yang ramai, konsentrasinya tak terganggu. Dalam tempo waktu yang sama, mereka telah menyelesaikan beberapa soal. Sedangkan Bidadari dan Angel adalah dua saudara kembar, kosentrasinya harus dibangun terus menerus agar mereka mampu survive dalam kelas yang "ramai". Konsentrasi mereka sering terpecah ketika mengerjakan soal math. Apalagi ketika Baruna dan Rahman berlatih perkalian online di situs http://www.mathisfun.com, pemfokusan mereka harus terus menerus dijaga.

Bagi Angel dan Bidadari, latihan Aritmatika ini akan sekaligus berguna untuk melatih konsentrasi kepada apa yang harus dikerjakan yaitu lembaran yang berada di tanganya. "Fokus dan konsentrasi ya" Itu yang selalu kuingatkan kepada dua anak manis ini.

Bidadari dan angel bukannya tidak tahu bagaimana cara mengerjakan penjumlahan dan pengurangan. Mereka hanya belum banyak bisa berkonsentrasi dalam suasana belajar yang ramai. Mereka harus berlatih, dan inilah sebenarnya titik tekannya. Karena tak mungkin kami mengatasi dengan cara memisahkan mereka dari keramaian hanya untuk memenuhi suasana yang tenang untuk persyaratan belajarnya. Karena bila demikian maka sama saja kami lari dari persoalan yang ada. Dan mereka terus tak mendapat asupan untuk bisa bertahan bersama teman-temannya dalam kelas mereka.

18 Agu 2009

Menunggu Tinggal Landas Pembagian



Sore ini Ashyra dan Abby kembali berlatih pembagian. Di sore hari, mereka mendapat tambahan pelajaran math sebagai pilihan bebas mereka. Materi mereka adalah Simple arithmetrics, bagian pembagian.

Pembagian, bagi mereka, tidak ada cara lain untuk trampil pembagian selain berlatih-dan berlatih sampai mereka hapal terhadap pembagian. Saya memberi istilah hapal pembagian dengan istilah tinggal landas pembagian.

Tinggal landas pembagian, dimana anak hapal pembagian 1 digit (pembagian 1 digit yang disasar adalah pembagian sebagai akibat kebalikan dari perkalian bilangan 1 digit kali bilangan 1 digit), contoh 6 x 7 = 42 jadi 42 : 7 = 6. Anak hapal menjawab pembagian 42 : 7. Singkatnya, dari tabel perkalian bilangan 1-10, itu jika hasil perkaliannya dijadikan pembagian, anak-anak hapal diluar kepala.

Untuk mencapai tahap tinggal landas memang agak lama. Ini yang terkadang membuat para orang tua dan guru frustasi, namun perlu disadari pula bahwa anak juga sudah bekerja keras untuk belajar.

Dan anak biasanya, juga malas menghapal. Biasanya ketika anak terbiasa menghitung pakai alat (jari atau menghitung), anak belum mau melakukan penghapalan. kalau sudah begitu hanya latihan rutin dan waktu saja yang akan membuat anak hapal diluar kepala.

Pada masa sistem pendidikan seperti sekarang, sistem nilai tidak lagi sepenting dulu. Belum hapal pembagian tak dianggap ketinggalan dan bukan sebuah kekurangan dan kelemahan. Sehingga menurut saya juga jangan terlalu memaksa. pemahaman konsep matematika pada materi lainnya saja yang diperdalam lebih dahulu, karena pada waktunya anak akan hapal sendiri mengikuti irama latihan dan logika yang berkembang sebagai akibat dari usia yang meningkat.

Namun tetap tentu saja harus berlatih, dan variasikan. Sore ini mereka setelah bosan dengan sheet pembagian, mereka bermain pembagian online di situs http://www.kidsnumbers.com/division.php

Mula-mula Abby sudah menyatakan dirinya tak mau mengerjakan pembagian online yang kaku seperti soal-soal pembagian yang to the point, tapi begitu ada permainannya ia senang sekali. Dimana ia harus menangkap ikan yang tepat, yaitu ikan yang betanda bilangan tertentu sebagai jawaban soal pembagian. Sedang ashira mencoba game pembagian versi "need for speed" dan pembagian dengan memainkan si sunny buny, yang harus memakan wortelnya.

Tinggal landas pembagian? tunggu saja!

17 Agu 2009

Berkenalan dengan Mind Map untuk matematika



Mind Map untuk matematika.

Hari ini diakhir pelajaran aku memperkenalkan mind map untuk matematika. Anak-anak sudah biasa dengan mind map ketika mereka belajar bahasa inggris, jadi sudah tak asing.

Mind map matematika yang dia pernah pelajari dimulai dengan bilangan bulat. Dalam Bilangan bulat ada tiga : bilangan bulat poritif, 0 dan bilangan bulat negatif. Bilangan bulat positif juga merupakan bilangan asli, bila ditambah dengan 0 jadilah bilangan cacah.

Dari bilangan bulat positif terbagi bilangan ganjil dan genap. Dalam bilangan ganjil di dalamnya ada bilangan prima ( tapi + dengan bilangan 2) bilangan prima pasti ganjil kecuali bilangan 2.

Dari bilangan bulat kami sudah pernah mempelajari operasi bilangan penjumlahan dan pengurangan.

Sepertinya mind map ini memang membuat memori mereka fresh lagi untuk materi yang pernah mereka dapatkan.

Ke Belanda hanya dengan Rp. 85.000- ?



Hari minggu Dinda dan saya pergi ke kebun raya. Dinda adalah anak perempuanku. Sebenarnya perjalanan itu tak kami sengaja, kebetulan Adinda perlu kain flanel untuk acara bikin-bikin di hari senin. Karena toko kain flanelnya dekat kebun raya, maka kutawari sekalian apakah dia mau ke kebun raya.

Jadilah kami memutuskan pergi. Seperti biasanya saya selalu mengajak Adinda untuk benar-benar menikmati perjalanan itu sejak kaki kami melangkah dari pintu pagar. Kali ini kami menganggap bahwa kami sedang berjalan di kota Kincir angin. Tentu saja bagaimana menamai perjalanan itu saja sudah membuat kami tersenyum geli.

Din, mau naik delman? Dia mengangguk. Jadilah kami naik delman, padahal kami sudah sampai di depan Sekolah Regina Pacis, dan hanya membutuhkan kira-kira 10 menit jika naik angkot. Namun kami memang bena-benar ingin memaknai perjalanan ini agar sangat berkesan. Kusuruh dia duduk dimana ia bisa melihat kudanya.

Banyak hal yang menarik yang kami bisa nikmati, karena ya itu tadi, kami seolah-olah berjalan-jalan di kota Belanda. "Sayang, Kamu itu pemalu banget Din, sungguh tak bisa kucuri untuk mengambil gambar wajahmu"

Aku ingat, dalam materi matematika uang yang sedang kususun, aku memasukkan perjalanan wisata sebagai suatu bahan pembelajaran. Bagaimana siswa harus menyusun anggaran dalam rencana kepergian itu. Mereka harus mencari informasi tempat wisata itu. Mencari info biaya kendaraan, konsumsi, tiket dsb.

Mereka akan menyusun sbb :
Nama Project : Pergi ke …..
Biaya
Kendaraan
Bensin/tol
Konsumsi
Tiket
Tak terduga.

Biaya iuran ( setelah ditotal maka akan dibagi per peserta)
Donator (akan mengurangi biaya yang dibagi per peserta)

Saya dan Adinda, kemarin berwisata ke kebun raya. Inilah biaya yang kami keluarkan. Tentu saja ini bukan rencana kami. Namun demikian info ini bisa akan dipakai.
Nama aktifitas : Perjalanan wisata
Tujuan : Ke kebun Raya Bogor.
Dana yang dibutuhkan :

Bilangan yang tak bisa berbagi ? Siapa yang mau seperti bilangan prima?



Berlatih kembali dengan Faktor bilangan, kali ini hari selasa 18 agustus 2009, saya menambahkan bilangan prima pada materi mencari faktor bilangan. Karena dari situ sekaligus terlihat mana-mana bilangan yang hanya memiliki 2 faktor alias prima.

Pertama-tama anak-anak mengisi Tabel Perkalian. Tabel ini akan lebih mudah diisi dengan cara menerapkan bilangan loncat. Misalkan pada kolom 1, atau Perkalian 1, berarti akan diisi dengan bilangan loncat 1. Baris kedua atau perkalian dengan bilangan 2, berarti akan disi dengan bilangan loncat 2. Perkalian 3 adalah bilangan loncat 3. Dan seterusnya. Tabel perkalian bisa diselesaikan dalam waktu kurang dari 10 menit.



Dari pengisian faktor bilangan pada tabel diatas, terkait di dalamya adalah Bilangan prima.

Bilangan prima hanya memiliki 2 faktor. Pengertian yang lebih dalam adalah bilangan tersebut hanya bisa dibagi oleh bilangan 1 dan bilangan itu sendiri.

Siapa yang ingin seperti bilangan prima? Bilangan yang tak bisa berbagi kecuali dengan bilangan 1 dan bilangan itu sendiri. Orang yang tak bisa berbagi kecuali untuk dirinya sendiri. Bila angka 1 penggambaran Tuhan yang Esa, maka orang tersebut hanya bisa berbagi untuk dirinya dan Tuhan saja.

Karena Tabel perkalian 1-10, belum mencakup perkalian 11, 12, 13 dst sehingga pada pertemuan berikutnya kami akan melanjutkan dengan menambahkan tabel perkalian di atas angka 11