30 Nov 2009

Menjelang Habisnya Masa Free Trial



Masa Gratis Trial Latihan online math tinggal 3 hari lagi. Anak-anak telah mendapatkan kegembiraan dan motivasi dalam belajar matematika. Beberapa anak sudah tahu bahwa sebentar lagi masa gratis akan segera berakhir.

Sementara ini aku memang belum membuka dialog terbuka dengan seluruh anak-anak terhadap kondisi ini. Kupikir karena kami masih melakukan puasa bicara.

Semoga Tuhan akan membimbing kami.

Mau meningkatkan dengan program membayar selain terbentur dengan biaya, juga pertimbangan anak-anak akan menghadapi ulangan sehingga kupikir biarlah lebih baik konsentrasi saja dulu pada review pelajaran yang lalu-lalu.

Namun jika dalam 3 hari ini latihan online akan berhenti, dan kami masih puasa bicara, rasanya aku akan memutar otak lagi untuk mendapatkan cara belajar math dalam kondisi puasa bicara.

Latihan Math online ini menjadi alternatif yang paling mudah dilakukan selama kami menjalankan puasa bicara.

Maka mulai kupikirkan untuk membuat soal sebagai latihan ulangan bagi mereka, namun waktu-waktu sekarang mood-ku belum sampai ke arah itu.

Banyak juga sih kalau mau latihan aritmatika di internet, apalagi aku sudah mengoleksi web-web yang menyediakan latihan online, namun latihan-latihan itu kebanyakan hanya mengacu pada ketrampilan aritmatika saja. Dan anak-anak pasti lebih suka mengerjakan bagian-bagian yang mudah saja, seperti penjumlahan dan perkalian 1 digit.

IXL math itu menurutku sudah cukup ideal sebagai latihan math karena telah mencakup semua materi math. Lagian kami memang menjalankan math dalam dua bahasa.

Dulu aku kesulitan dalam mengajarkan math bilingual, dan anak-anakpun kesulitan juga, dan mereka selalu mengeluh mendapatkan mypal (buku math bahasa Inggris), namun dengan ixl ini mereka bisa mengerjakan rata-rata 15 soal dalam 10 menit. Bagus khan?

Jika mereka mengerjakan soal secara konvensional pakai buku ataupun lembaran, nggak kebayang bagaimana sulitnya kelasku. Pasti ditanyakan satu persatu soalnya, dan aku jadi kerepotan menghadapi ulah mereka.

Sekitar 15 soal dalam 10 menitan, jika dia salah menjawab maka secara otomatis mereka bisa melihat 'explanation' nya. Sehingga mereka bisa mandiri. Materinya latihan juga telah disusun dalam modul yang berurutan, sehingga kita setidaknya cukup hanya dengan mengawasi dan mengarahkan mereka agar mulai dengan materi yang termudah dan menjaga mereka agar kontinue terhadap materi-materi lainnya yang lebih sulit.

Bagi Guru, program seperti ini benar-benar sangat membantu, malah mas Aar mengatakan wah ini bisa menjadi andalan guru-guru les, membawa laptop, mengawasi sambil main facebook-an, he he

Mengikuti program ini, anak-anak mendapatkan tambahan kekuatan untuk berpacu, menambah cara lain belajar math yang lebih asyik, serta menyegarkan kembali materi math english mereka. Materi-materi seperti 'counting by twos, Skip Counting, counting backward, counting forward kembali tersegarkan untuk Angel dkk yang masih berada pada first grade. Pada kelompok merekalah, aku paling mendapatkan kesulitan dalam memberikan math english, dan ixl math ini sudah membantuku sejauh ini.

Thanks God

0 komentar:

Posting Komentar