17 Nov 2009

Memahami contoh cara mengerjakan soal



"Aku ggak tahu....., bagaimana ini!" seperti itu sering kudengar dari mulut Baruna. Ia adalah anak yang agak telat dalam membaca. Banyak soal-soal yang berkaitan dengan soal cerita, kurang ia kuasai. Dia juga tak trampil memahami contoh-contoh bagaimana cara mengerjakan soal yang diberikan oleh buku. Ya sebagian besar karena kurang lancarnya ia dalam membaca.

Namun dia memang mampu dalam aritmatika, ia mengakui bahwa ia lebih suka math yang demikian. Kali ini aku harus menyuruh dia untuk mempelajari contoh-contoh pengerjaan soal, yang diberikan oleh buku tersebut. "Baca dan pelajari!"

Kami adalah homeschooling, dan belajar mandiri adalah prasarat mutlak. "nanti ibu akan menyuruh kamu untuk belajar memahami perintah dan belajar membaca contoh-contoh!" demikian kataku lagi.

Lalu memang aku kemudian memberikan perintah untuk mempelajari kembali contoh-contoh yang ada di buku latihannya. "nanti ibu akan tanya, dan kamu harus menjelaskan kepada ibu!" demikian kataku kepadanya.

Buku memang sudah diselesaikan 98 %, namun untuk menaikkan tingkatnya aku sudah mengatakan kepadanya harus diiringi dengan kemampuan belajar mandiri (lancar membaca dan mau membaca, memahami contoh-contoh yang ada di buku).

Sampai disitu ia mau memacu dirinya. Semoga ia diberi kemudahan ...dan bisa naik tingkat.

0 komentar:

Posting Komentar