2 Des 2009

Saatnya Latihan Ulangan



Hari ini anak-anak mengerjakan latihan ulangan. Beberapa anak telah menyelesaikan materi yang ada di buku mereka. Minggu kedua bulan ini mereka akan menghadapi ulangan untuk kenaikan tingkat.

Soal kubagikan dan kuminta mereka mengerjakan dengan mengisi jawabannya saja di kertas kosong. Soal kuambil dari ulangan yang kubuat untuk kelas satu yang lalu.

Dari dulu jika kuperhatikan, anak-anak menyukai latihan soal. Mengerjakan latihan yang di kertas atau buku, menjadi kegemaran anak-anak. Mereka lebih menyukai langsung mendapatkan soal, daripada duduk manis untuk memperhatikan aku memberikan penjelasan.

Tak jarang ketika melihat aku sedang membikin soal atau sedang mencetak soal, mereka selalu menanyakan : Ini buat siapa Bu Sri, buat anak kecil atau anak besar?

Latihan-latihan selalu diminati. Begitu mendapat soal atau buku, girangnya bukan main, namun agak susah konsentrasi untuk duduk manis mendengarkan penjelasan.

"Bu Sri, dalam 1 bulan ada titik-titik hari. Kan 1 bulan itu ada yang 30, 31, dan 28 !" begitu komentar Rahman.

Mendengar itu, aku senang, tahu banget dia itu, pikirku. Padahal menurutku dengan hanya menjawab 30 hari saja akan kubetulkan.

Lain halnya denngan Pelangi, yang mengoreksi bahwa bujur sangkar dan persegi itu sama atau tidak? kok soalnya disuruh menggambar dua-duanya.

wah wah .... pintar kau nak!

0 komentar:

Posting Komentar