17 Agu 2009

Bilangan yang tak bisa berbagi ? Siapa yang mau seperti bilangan prima?



Berlatih kembali dengan Faktor bilangan, kali ini hari selasa 18 agustus 2009, saya menambahkan bilangan prima pada materi mencari faktor bilangan. Karena dari situ sekaligus terlihat mana-mana bilangan yang hanya memiliki 2 faktor alias prima.

Pertama-tama anak-anak mengisi Tabel Perkalian. Tabel ini akan lebih mudah diisi dengan cara menerapkan bilangan loncat. Misalkan pada kolom 1, atau Perkalian 1, berarti akan diisi dengan bilangan loncat 1. Baris kedua atau perkalian dengan bilangan 2, berarti akan disi dengan bilangan loncat 2. Perkalian 3 adalah bilangan loncat 3. Dan seterusnya. Tabel perkalian bisa diselesaikan dalam waktu kurang dari 10 menit.



Dari pengisian faktor bilangan pada tabel diatas, terkait di dalamya adalah Bilangan prima.

Bilangan prima hanya memiliki 2 faktor. Pengertian yang lebih dalam adalah bilangan tersebut hanya bisa dibagi oleh bilangan 1 dan bilangan itu sendiri.

Siapa yang ingin seperti bilangan prima? Bilangan yang tak bisa berbagi kecuali dengan bilangan 1 dan bilangan itu sendiri. Orang yang tak bisa berbagi kecuali untuk dirinya sendiri. Bila angka 1 penggambaran Tuhan yang Esa, maka orang tersebut hanya bisa berbagi untuk dirinya dan Tuhan saja.

Karena Tabel perkalian 1-10, belum mencakup perkalian 11, 12, 13 dst sehingga pada pertemuan berikutnya kami akan melanjutkan dengan menambahkan tabel perkalian di atas angka 11

0 komentar:

Posting Komentar