17 Agu 2009

Ke Belanda hanya dengan Rp. 85.000- ?



Hari minggu Dinda dan saya pergi ke kebun raya. Dinda adalah anak perempuanku. Sebenarnya perjalanan itu tak kami sengaja, kebetulan Adinda perlu kain flanel untuk acara bikin-bikin di hari senin. Karena toko kain flanelnya dekat kebun raya, maka kutawari sekalian apakah dia mau ke kebun raya.

Jadilah kami memutuskan pergi. Seperti biasanya saya selalu mengajak Adinda untuk benar-benar menikmati perjalanan itu sejak kaki kami melangkah dari pintu pagar. Kali ini kami menganggap bahwa kami sedang berjalan di kota Kincir angin. Tentu saja bagaimana menamai perjalanan itu saja sudah membuat kami tersenyum geli.

Din, mau naik delman? Dia mengangguk. Jadilah kami naik delman, padahal kami sudah sampai di depan Sekolah Regina Pacis, dan hanya membutuhkan kira-kira 10 menit jika naik angkot. Namun kami memang bena-benar ingin memaknai perjalanan ini agar sangat berkesan. Kusuruh dia duduk dimana ia bisa melihat kudanya.

Banyak hal yang menarik yang kami bisa nikmati, karena ya itu tadi, kami seolah-olah berjalan-jalan di kota Belanda. "Sayang, Kamu itu pemalu banget Din, sungguh tak bisa kucuri untuk mengambil gambar wajahmu"

Aku ingat, dalam materi matematika uang yang sedang kususun, aku memasukkan perjalanan wisata sebagai suatu bahan pembelajaran. Bagaimana siswa harus menyusun anggaran dalam rencana kepergian itu. Mereka harus mencari informasi tempat wisata itu. Mencari info biaya kendaraan, konsumsi, tiket dsb.

Mereka akan menyusun sbb :
Nama Project : Pergi ke …..
Biaya
Kendaraan
Bensin/tol
Konsumsi
Tiket
Tak terduga.

Biaya iuran ( setelah ditotal maka akan dibagi per peserta)
Donator (akan mengurangi biaya yang dibagi per peserta)

Saya dan Adinda, kemarin berwisata ke kebun raya. Inilah biaya yang kami keluarkan. Tentu saja ini bukan rencana kami. Namun demikian info ini bisa akan dipakai.
Nama aktifitas : Perjalanan wisata
Tujuan : Ke kebun Raya Bogor.
Dana yang dibutuhkan :

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Lalu berapa Rp kalau ke Jepang?

Posting Komentar