18 Agu 2009

Menunggu Tinggal Landas Pembagian



Sore ini Ashyra dan Abby kembali berlatih pembagian. Di sore hari, mereka mendapat tambahan pelajaran math sebagai pilihan bebas mereka. Materi mereka adalah Simple arithmetrics, bagian pembagian.

Pembagian, bagi mereka, tidak ada cara lain untuk trampil pembagian selain berlatih-dan berlatih sampai mereka hapal terhadap pembagian. Saya memberi istilah hapal pembagian dengan istilah tinggal landas pembagian.

Tinggal landas pembagian, dimana anak hapal pembagian 1 digit (pembagian 1 digit yang disasar adalah pembagian sebagai akibat kebalikan dari perkalian bilangan 1 digit kali bilangan 1 digit), contoh 6 x 7 = 42 jadi 42 : 7 = 6. Anak hapal menjawab pembagian 42 : 7. Singkatnya, dari tabel perkalian bilangan 1-10, itu jika hasil perkaliannya dijadikan pembagian, anak-anak hapal diluar kepala.

Untuk mencapai tahap tinggal landas memang agak lama. Ini yang terkadang membuat para orang tua dan guru frustasi, namun perlu disadari pula bahwa anak juga sudah bekerja keras untuk belajar.

Dan anak biasanya, juga malas menghapal. Biasanya ketika anak terbiasa menghitung pakai alat (jari atau menghitung), anak belum mau melakukan penghapalan. kalau sudah begitu hanya latihan rutin dan waktu saja yang akan membuat anak hapal diluar kepala.

Pada masa sistem pendidikan seperti sekarang, sistem nilai tidak lagi sepenting dulu. Belum hapal pembagian tak dianggap ketinggalan dan bukan sebuah kekurangan dan kelemahan. Sehingga menurut saya juga jangan terlalu memaksa. pemahaman konsep matematika pada materi lainnya saja yang diperdalam lebih dahulu, karena pada waktunya anak akan hapal sendiri mengikuti irama latihan dan logika yang berkembang sebagai akibat dari usia yang meningkat.

Namun tetap tentu saja harus berlatih, dan variasikan. Sore ini mereka setelah bosan dengan sheet pembagian, mereka bermain pembagian online di situs http://www.kidsnumbers.com/division.php

Mula-mula Abby sudah menyatakan dirinya tak mau mengerjakan pembagian online yang kaku seperti soal-soal pembagian yang to the point, tapi begitu ada permainannya ia senang sekali. Dimana ia harus menangkap ikan yang tepat, yaitu ikan yang betanda bilangan tertentu sebagai jawaban soal pembagian. Sedang ashira mencoba game pembagian versi "need for speed" dan pembagian dengan memainkan si sunny buny, yang harus memakan wortelnya.

Tinggal landas pembagian? tunggu saja!

0 komentar:

Posting Komentar