15 Agu 2009

Eksperimen Bilangan Bulat



Siswaku sebenarnya belum saatnya mempelajari bilangan bulat. Tapi materi ini sangat bisa diberikan kepada mereka dengan pengunaan warna dan kertas bantu (begitu istilah, yang sering bisa kami sebut tentang apa-apa yang kami pakai dalam setiap materi yang kita bahas).

Kami menggunakan warna merah dan kuning untuk mempresentasikan bilangan bulat, merah untuk positif, kuning untuk negatif. Kertas bantunya berupa kotak-kotak(kertas berpetak) yang akan dipakai mereka untuk menyelesaikan operasi bilangan bulat. Pada soal-soal yang mudah, Yudhis dan Hejaz tidak lagi menggunakan kertas bantu.

Bilangan positif = kotak merah bilangan negatif = kotak kuning
Soal 1. 3 + 4 = ..... ( Positif + Positif)

Mereka akan mewarnai sejumlah 3 warna merah dan karena ditambahkan bilangan positif juga maka mereka akan mewarnai lagi 4 kotak dengan warna merah. Karena warnanya sama maka mereka akan menjumlah menjadi 7 warna kotak merah. Sehingga jawaban dari soal 3 + 4 = 7

Soal 2. 3 + (-4) = ..... ( Positif + Negatif)

Mula-mula mereka akan mewarnai 3 warna merah dan karena ditambahkan bilangan negatif juga maka mereka akan mewarnai 4 kotak dengan warna kuning. Karena ada dua warna. Maka mereka akan membalance dulu. 3 Merah dan 3 kuning balance. Sisanya akan berupa 1 kotak warna kuning. Itulah jawabanya. 1 kotak kuning = 1 dengan tanda negatif atau -1. Sehingga jawaban dari soal 3 + (-4) = -1

Anak-anak mampu menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Bahkan setelah mereka menggunakan kotak-kotak, Yudhis salah satu siswaku sudah tak menggunakan.

0 komentar:

Posting Komentar