12 Agu 2009

Nilai Tempat



Kamis, 13 Agustus 2009

Hari ini aku mengajar nilai tempat untuk dua kelompok sekaligus, kelompok kecil A yang terdiri dari Bidadari, Tata, Rahman dan Baruna, dan kelompok sedang B, yang terdiri dari Ashira, Pelangi dan Abby.

Untuk kelompok A nilai tempat yang disasar adalah satuan dan puluhan, sedang untuk kelompok B ditambahkan dengan ratusan. Mereka masing-masing memegang buku math keluaran Yudhistira sekaligus menjadi panduan dan latihan mereka.

Tujuan pelajaran ini adalah : Mengenal Nilai tempat dan mengetahui manfaat nilai tempat.

Latihan untuk kelompok A, model latihannya seperti ini
17 = 10 + 7
17 = 1 puluhan + 7 satuan

Latihan untuk kelompok B
123 = 100 + 20 + 3
123 = 1 ratusan + 2 puluhan + 3 satuan

Dengan mengetahui nilai tempat, maka mereka lebih mudah membandingkan dua bilangan, dan mengurutkan bilangan, karena mereka kini mengetahui nilai suatu bilangan. Materi yang tercakup dalam nilai tempat adalah membandingkan dua bilangan dengan menuliskan notasi yang benar. Notasi < (kurang dari), > lebih dari, dan = sama dengan.

Tip untuk menghapal notasi itu adalah
<> bila ditambah garis vertikal akan seperti l> atau b atau besar menjadi lebih besar.

Cara mudah meletakkan tanda yang benar, <> pada dua bilangan pada soal perbandingan adalah sbb.

Berilah tanda <, >, atau =

a. 3 ..... 9
b. 8 ....... 5

perhatikan <>, aku andaikan punya mulut yang sedang menganga. Tanda > mempunyai mulut yang menganga ke arah kiri, < mulutnya menganga ke arah kanan.

Pada soal a, 9 lebih besar daripada 3, maka mulut dari tanda itu akan mengarah ke angka 9, jadilah tanda < yang kita pakai, karena angka 9 berada di sebelah kanan.

Pada soal b, 8 lebih besar daripada 5, maka mulut dari tanda itu akan mengarah ke angka 8, jadilah tanda > yang kita pakai, karena angka 8 berada pada sebelah kiri.

Di akhir sesi kami berlatih game Place value di situs
http://www.woodlands-junior.kent.sch.uk/maths/interactive/numbers.htm#Place

0 komentar:

Posting Komentar