13 Agu 2009

Eksperimen Faktor Bilangan



Faktor bilangan adalah bilangan-bilangan pembagi yang membagi habis sebuah bilangan. Pada pelajaran sebelumnya siswa telah mengenal bilangan yang habis dibagi dan bilangan pembagi yang habis membagi.

Membagi habis, selain diperkenalkan dengan menggunakan manik-manik yang dibagi habis. Juga siswa perlu pula mengetahui dengan menggunakan kalkulator. Kalkulator adalah alat jadi alat ini seharusnya memudahkan siswa untuk mempelajari matematika.

Bilangan pembagi yang habis membagi sebuah bilangan bila bilangan itu menghasilkan sebuah bilangan bulat ketika bilangan itu dipakai untuk membagi dengan menggunakan kalkulator.

Misalkan apakah 3 adalah bilangan pembagi yang habis membagi 6? Dengan kalkulator siswa akan membagi 6 dengan 3 bila hasilnya adalah bilangan bulat ( yaitu 2) dan bukan (misalkan 2,3 ) maka 3 adalah pembagi habis. Dan 6 habis dibagi 3.

Faktor Bilangan.

Karena materi ini sangat berkaitan dengan perkalian, maka kami menggunakan tabel perkalian.

Pertama

Siswa mengisi tabel perkalian untuk bilangan 1-10. Aktifitas ini sekaligus untuk mereview kembali pelajaran perkalian, karena perkalian akan sangat diperlukan.

Kedua,

Setelah tabel terisi, maka siswa disuruh untuk memperhatikan bilangan-bilangan hasil perkalian dalam tabel perkalian. Kita akan menunjukkan pembacaan dari baris dikalikan kolom

Dari tabel perkalian maka kami akan membuat kesimpulan bahwa :

Bilangan 1 dihasilkan dari perkalian 1 x 1

Bilangan 2 dihasilkan dari perkalian 2 x 1, 1 x 2

Bilangan 3 dihasilkan dari perkalian 1 x 3 dan 3 x 1

Bilangan 4 dihasilkan dari perkalian 1 x 4, 2 x 2, 4 x 1

Ketiga

Mulailah dikenalkan tentang faktor. Karena faktor adalah pembagi, maka pembagi bilangan 1 adalah 1, pembagi bilangan 2 adalah 1 dan 2, pembagi bilangan 3 adalah 1 dan 3. Sehingga :

Faktor 1 adalah 1

Faktor 2 adalah 1, 2

Faktor 3 adalah 1, 3

Lembaran kerja dari materi pelajaran faktor bisa didownload pada :

http://www.box.net/shared/jxi9v4bf4d

0 komentar:

Posting Komentar