15 Agu 2009

Penggunaan Jari dalam berhitung



Jari sekali jari. Puji Tuhan, dengan jari, anak-anak terbantu dalam berhitung. Kabataku dengan jari menghasilkan jarimatika, chisen bop, magic finger, atau metode-metode yang lain.

Siswaku sangat getol banget dengan penggunaan jari ini. Baruna dan Rahman begitu menikmati aritmatika magic finger. Rahman sekarang sudah sampai pada perkalian pakai jari. sedang Baruna baru menginjak perkalian 1-5. Semuanya bergembira dengan jari mereka, apalagi bila sedang dibantu dengan lagu tunjukkan jarimu, tunjukkan jariku. jari tanganku sepuluh jumlahnya. ...

Perkalian dengan jari antara bilangan 5 - 10, orang dewasa pastinya sudah pernah mengetahui caranya. Sedangkan bilangan kecil belum terwakili dalam perkalian. Benarkah demikian?

Ternyata jika kita mau mengeksplorasi jari kita. Jari kita ini mampu lho menunjukkan kepada kita perkalian bilangan kecil yang dikalikan dengan bilangan 8, 7, 6. Pada perkalian 8 x 1, 8x2, 8 x3, 8 x 4 dan 8 x 5, jari kita bisa dipakai. Kalau perkalian 9 kan sudah bisa ditunjukkan dengan jari.

Untuk pembagianpun bisa. Seperti 49 : 7, 81 : 9 dst. Selamat mengeksplorasi jari dan Anda akan takjub dibuatnya!

0 komentar:

Posting Komentar